Minggu, 16 November 2014

Android Version


Image 

Seperti halnya makhluk hidup yang melakukan sebuah matamorfosis, teknologi pun juga mengalami hal yang sama. Sedangkan Android sendiri adalah salah satu buah karya teknologi yang teramat cepat perkembangannya, untuk itulah pengetahuan akan Android itu sendiri sangat penting terutama buat pengguna Android secara khusus ataupun buat mereka calon pengguna Android.
Semua pasti sudah tahu tentang android. Mulai dari tablet hingga smartphone masa kini telah menggunakan sistem operasi Android. Android adalah sistem operasi berbasis linux, dan bertipe open source yang diaplikasikan kedalam handphone, dan tablet. Apa itu open source? open source adalah platform terbuka, bagi para developer, sehingga mereka dapat mengembangkan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan melalui sistem operasi android. Selain itu kita pasti tau ada android ginggerbread, cupcake, hingga jelly bean. Nah apa saja perbedaan dari versi – versi android ini. Berikut ini saya berikan sedikit penjelasan.


Android versi 1.1 (Tanpa Nama) 


Google membeli sebuah perusahaan bernama Android Pada bulan Juli 2005. Sedangkan  update Android, versi 1.1, dirilis pada 9 Maret 2009  Tampaknya Versi 1.1 dari android ini  tidak mempunyai nama. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Image

Android versi 1.5 Cupcake
 


Android Cupcake di rilis pada pertengahan Mei 2009, masih oleh Google Inc. Adroid ini dilengkapi software development kit dengan berbagai pembaharuan termasuk penambahan beberapa fitur antara lain yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube, upload gambar ke Picasa langsung dari telepon, serta mendapat dukungan Bluetooth A2DP, juga kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Image

Android versi 1.6 Donut 

Android ini dirilis pada September 2009. Versi ini memperbaiki kesalahan reboot dalam OS sebelumnya serta perubahan fitur foto dan video (yaitu antarmuka kamera) serta integrasi pencarian yang lebih baik. OS 1.6  juga menambahkan dukungan untuk digunakan pada ukuran layar yang lebih besar. OS 1.6 merupakan versi pertama yang menawarkan fitur navigasi Google turn-by-turn.
Selain itu Android Donut juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech. Android Donut juga dilengkapi  baterai indikator, dan kontrol applet VPN.
Image
  •   Peningkatan pada android market
  •   Integrasi kamera, perekam video dan tampilan galeri
  •  Aplikasi galeri yang baru memungkinkan pengguna memilih banyak foto untuk dihapus. Aplikasi voice search yang diperbaharui menjadi lebih cepat merespon dan itegrasi dengan aplikasi yang lain termasuk kemampuan mencari kontak.
  • Aplikasi search yang ditingkatkan untuk bisa mencari bookmarks, history, kontak, dan web dari layar home
  • Peningkatan dukungan teknologi untuk CDMA/EVDO.802.1x, VPNs, dan mesin text to speech Mendukung resolusi layar WVGA
  •   speed inprovement in searching and camera applications
  •  perbaikan kecepatan di aplikasi pencarian dan aplikasi kamera

Android versi 2.0/2.1 Eclair 

Dirilis pada 3 Desember 2009. Perubahan yang ada antara lain adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Android Eclair merupakan Adroid pertama  yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.
Image
  •   Optimalisasi kecepatan hardware
  •   Mendukung lebih banyak ukuran layar dan resolusi layar
  •   Revamped UI, User interface baru pada browser dan dukungan html5
  •   Daftar kontak baru, Rasio putih-hitam yang lebih baik untuk backgrounds.
  •   peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2
  •   Dukungan untuk Microsoft Exchange
  •  Mendukung Falsh untuk kamera, Digital Zoom.Peningkatan pada aplikasi virtual keyboard, Bluetooth 2.1, Live Wallpapers.

Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt) 

Android Froyo dirilis pada 20 mei 2012. Adroid versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali dari versi-versi sebelumnya. Selain itu ada penambahan fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1,  intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card.
Image
  • Optimalisasi kecepatan dan performa Android OS
  •  Integrasi chrome v8 javaScript kedalam aplikasi browser
  •  Peningkatan dukungan Microsoft Exchange, Peningkatan aplikasi luncher dengan shotcuts menuju aplikasi phone dan browser
  •  USB tethering dan WiFi hotspot functionality.
  •  Penambahan pilihan untuk menonaktifkan akses data jaringan mobile
  •  Aplikasi android market yang telah diperbaharui dengan fitur update otomatis.
  •  Quick switching between multiple keyboard languages and their dictionaries.
  •  Voice dialing dan berbagai kontak melalui bluetooth
  •  mendukung file upload di aplikasi browser
  •  dukungan terhadap aplikasi Adobe Flash 10.1 terakhir
Android versi 2.3 Gingerbread 

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin baik., layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near-Field Communication (NFC) ini memungkinkan produsen gadget untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel alias dompet elektronik, dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu seperti kamera depan.

Image

Inilah Fitur-fitur Yang Dimiliki Oleh Android Gingerbread:

NFC (Near-Field Communication)
Aplikasi NFC akan tersedia di dalam Gingerbread, ini memungkinkan produsen gadget untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel alias dompet elektronik.

Dukungan pada Kamera Depan
Aplikasi kamera di Android 2.3 sudah mendukung kamera depan sejak awalnya. Artinya produsen seperti HTC, yang salah satu versi ponsel Androidnya sudah memiliki dua kamera, bisa langsung memasang dua kamera di ponsel Android.

Ponsel Internet 
Kemampuan teleponi via internet, atau Voice over IP, akan didukung pada tingkat sistem operasi. Tanpa aplikasi tambahan, pengguna sudah bisa membuat panggilan VoIP, tentu dengan setting SIP manual.

Tampilan yang Lebih Rapih
 
Tampilan antarmuka dari Gingerbread konon bakal makin rapih dan mudah dipelajari. Menu dan tema visual diperbaiki oleh Google untuk memudahkan navigasi.

Manajemen Aplikasi

Akan tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama Manage Applications. Di sini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan.

Input Teks Lebih Cepat
Keyboard Android Gingerbread dijanjikan akan lebih baik, dengan beberapa perubahan lokasi dan bentuk. Selain itu ada kemampuan memperbaiki salah ketik lewat kamus bawaan.

Copy Paste

Kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin baik. Cara penggunaannya mirip yang dilakukan Apple pada iOS, lengkap dengan marker yang bisa digeser sebelum menyalin.

Android versi 3.0/3.1 Honeycomb
 


Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Layar muka Honeycomb juga memakai papan menu yang selalu nampak di bagian bawah layar. Papan ini berisi notifikasi, status sistem, dan navigasi di layar selain tampilan jam, mode redup, dan lain-lain. Sementara itu tampilan papan aksi di bagian atas akan tergantung pada aplikasinya.

Image

Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) 

Android Ice Cream Sandwich diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim Android Ice Cream Sandwich akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Android Ice Cream Sandwich membawa fitur Honeycomb untuk smartphone serta ada penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

Image

Android versi 4.1/4.2 Jelly Bean
 


Android Jelly Bean juga diluncurkan pada acara Google I/O  10 Mei 2011 yang lalu. Android versi ini membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru, diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat.

Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.
Project Butter dalam Jelly Bean tak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun diklaim juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel. Google mengklaim ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel. Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.
Image

http://www.android.com/whatsnew/
http://www.teknokers.com/2011/02/jenis-versi-os-android-perbedaan-serta.html
http://sharingfile4u.blogspot.com/2012/03/berbagai-macam-urutan-versi-android.html
http://4everyshare.blogspot.com/2012/12/versi-dan-jenis-android.html

Android Versi 4.4 Kitkat

download

Siapa yang tidak kenal dengan Android, sistem operasi sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang kini telah menjelma menjadi jawara dan mendominasi di berbagai device yang ada. Sampai saat ini, Android OS telah memberi kekuatan ke lebih dari 1 milyar device. Berita barunya, sistem operasi ini telah menapaki tangga versi berikutnya yaitu Android 4.4. Sebagaimana versi sebelumnya yang diberi nama dari nama makanan pencuci mulut (dessert), codename untuk versi terbaru ini adalah Android Kitkat. Kitkat adalah nama merek dagang (trademark) cokelat terkenal dari Nestle.

Anda tentu masih ingat nama-nama Android mulai dari versi sebelumnya: Cupcake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.0), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), Honeycomb (Androi 3.0), Ice Cream Sandwich (Android 4.0), Jelly Bean (Android 4.1, Android 4.2 dan Android 4.3). Banyak orang telah memprediksi bahwa versi setelah Android 4.3 adalah Android 5.0 dengan codename Key Lime Pie. Namun informasi dari pihak Google mengatakan bahwa versi berikutnya adalah Android 4.4 dengan codename Android Kitkat. Kemungkinan Android 5.0 dengan codename Key Lime Pie akan menjadi versi dan codename sistem operasi Android berikutnya.

Setiap versi baru yang dirilis kemungkinan akan ada perbaikan dari sisi perangkat pendukung dan penambahan fitur baru (minimal perbaikan pada fitur yang ada di versi sebelumnya). Prediksi perbaikan dan peningkatan fitur di Android Kitkat ini kemungkinan ada pada profil ganda, pesan chat yang terintegrasi, device manager, perbaikan baterai, kinerja dan fitur keamanan, dukungan CPU tri-core dan software refined. Google sendiri telah berencana untuk menggunakan Android rilis berikutnya di smartwatche, kosol game, smarphone murah dan bahkan laptop.

3 komentar:

  1. android namanya pake nama makanan manis2 semua ya.. hmm kira2 android berikut pake nama apa yaaa

    BalasHapus
  2. hahaha namanya lucu, unik2. perkembangan upgrade versi barunya juga lumayan cpt

    BalasHapus